Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Semua Biasa Jadi Jurnalis

Perkembangan teknologi yang kian pesat saat ini membuat banyak orang bisa berbuat banyak hal yang mereka suka salah satunya mengaplikasikan hobi mereka. Bicara teknologi salah satu teknologi yang saat ini menjadi sorotan adalah internet, pengembangan internet saat ini terus dilakukan selain fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk pengguna, kecepatan juga salah satu hal yang menjadi sorotan, pengembangan jaringan pun terus dilakukan untuk kepuasan pelanggan, berawal dari jaringan nikabel GPRS, HSPDA, 3G, 4G yang baru-baru ini masuk ke Indonesia.

Banyak yang bisa dilakukan pengguna internet seperti bermain geme, nonton video, dengerin music atau download apasaja yang tentunya dibutuhkan. Mulai dari aktifitas yang positif hingga negatif juga bisa dilakukan di Internet. 

Kehadiran internet pun menjadikan penyampaian informasi lebih cepat, mulai dari yang bersifat privasi seperti email maupun yang bersifat publik seperti website portal berita, blog dan lain-lain. Dengan kemudahan itulah penyampaian informasi penting pun dapat dilakukan siapa saja, jika dahulu untuk mereka yang hobi mencari informasi hanya bisa dilakukan dengan menjadi jurnalis disebuah perusahaan media baik itu cetak seperti koran dan majalah atau elektronik seperti radio dan televisi. Saat ini ada media baru yang praktis dan cepat yaitu media Online. 

Penyampaian informasi online ini tak hanya dapat dilakukan oleh para jurnalis yang bekerja di media online saja, namun siapapun bisa ikut berpartisifasi untuk menyampaikan informasi seperti peristiwa, kuliner, wisata atau keluhan-keluhan terhadap fasilitas publik yang mmengecewakan. Dengan membuat website pribadi yang berbayar atau gratis, membuat blog pribadi melalui puluhan website penyedia blog gratis atau melalui media sosial sosial seperti facebook, twitter, instagram dan youtube. Fasilitas-fasilitas diatas adalah sebahagian kecil dari sekian banyak yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana penyampaian informasi kepada publik.
Banyaknya pengguna yang menyampaikan informasi melalui internet ini pun membuat banyak website berita online membuat kolom untuk pengisian berita bagi pembaca, seperti KOMPAS.COM dengan KOMPASIANA, DETIK.COM dengan BlogDetik, dan bahkan media televisi pun membuka peluang bagi pemirsanya untuk ikut menyampaikan berita melalui portal mereka seperti NET. Dengan NET CJ dan METRO TV dengan WIDESHOTE.

Lalu apa lagi yang menjadi alasan kita untuk tidak bisa menulis dan menyampaikan berita atau informasi kepada publik. Jika bicara peralatan pendukung liputan dan menulis, saat ini ponsel murah pun sudah bisa dipergunakan untuk liputan dan menulis berita, bahkan banyak jurnalis profesional juga menulis berita dan mengambil gambar dengan menggunakan smartphone mereka. Sangat mudah kan untuk bisa menjadi seorang jurnalis, dengan banyaknya media yang menerima tulisan anda dan dengan peralatan seadanya siapa saja bisa menjadi jurnalis, tentunya harus menulis sesuai dengan fakta ya, jika tulisan anda mengandung sara, pelecehan dan merusak namabaik satu pihak ya tentunya tanggung jawab sendiri. 

Sekarang tunggu apa lagi lihat sekeliling anda, ambil smartphone disaku anda dan mulailah menulis.

Post a Comment for "Semua Biasa Jadi Jurnalis"