Mengapa Orang Kalimantan Begitu Menakutkan

Suku Dayak Kalimantan di kutip dari https://pesona.travel
Sebagian dari kalian pasti masih berfikiran bahwa orang-orang Kalimantan cukup atau sangat menakutkan dan hal ini juga masih banyak percaya orang-orang diluar sana yang belum menginjakkan kaki ke tanah Kalimantan. Kalimantan adalah sebuah daerah yang subur, kaya dan indah. Sumberdaya pulau Kalimantan yang begitu besar menjadi salah satu tujuan bagi perantauan yang kebanyakan adalah lulusan baru dari berbagai kampus di Indonesia bahkan yang sudah berpengalaman pun banyak yang bekerja ke pulau Kalimantan dengan berbagai alasan salah satunya adalah gajih yang lebih gede.

Sebaagi salah satu tujuan bagi banyak perantauan, pulau kalimantan terkenal dengan orang-orangnya yang menakutkan, ganas dan kejam dan hal ini cukup di percaya bagi banyak orang. Namun apakah hal ini benar atau tidak disini aku ingin meluruskan dan membagi cerita mengapa orang-orang Kalimantan bisa dianggap begitu menakutkan dan apakah benar masyarakat Kalimantan begitu menakukan seperti cerita yang banyak beredar dikalangan orang-orang dari luar pulau Kalimantan.
Pada dasarnya orang Kalimantan bahkan orang-orang pedalaman Kalimantan adalah orang-orang yang sangat bersahabat dan aku bisa merasakannya setelah 4 tahun berada di Kalimantan, namun mereka akan sangat berani jika mereka diusik, harga diri mereka di injak-injak, hak mereka tidak dipenuhi dan adat mereka dilanggar.

Masyarakat pedamanan Kalimantan khususnya Suku Dayak sangat memegang adat dan istiadat mereka ketika dan siapapun melangar adat mereka maka harus menjalani hukum adat sasuai ketentuan adat. Banyak pendatang yang bersal dari luar Kalimantan merasa lebih hebat dari masyarakat asli Kalimantan, mengganggap lebih berpengalaman dan berpendidikan, padahal dia adalah pendatang yang menumpang mencari nafkah ditanah orang, yang seharusnya menghormati masyarakat sekitar dan menghargai adat istiadat setempat tidak semena-mena kepada masyarakat sekitar. hal ini sering menimbulkan konflik sehingga membuat masyarakat sekitar marah dan kemarahan ini lah yang membuat masyarakat pedalaman Kalimantan terlihat seakan-akan menakutkan padahal ini terjadi karena mereka merasa terusik.

Hal lain yang juga sering terjadi adalah masalah hak, banyak perusahaan perkebunan dan pertambangan yang beroprasi di Kalimantan, menurut banyak masyarakat yang aku dengar ketika perusahaan akan membuka lahan atau tambang perusahaan sering memberikan janji akan lebih mensejahterakan dan mengutamakan masyarakat setempat untuk dapat bekerja dan dengan hal lain masyarakat akan lebih sejahtera. Program kemitraan pun dibuat antara perusahaan dengan masyarakat dibuat dengan janji-janji yang cukup membuat masyarakat tergiur, namun setelah perusahaan berdiri kondidinys pun berubah, masyarakat setempat sulit mencari bekerja, kerjasama antara masyarakat dan perusahaan pun seakan sulit dengan berbagai alasan dan hal ini yang sering menjadikan konflik antara masyarakat dan perusahaan yang pekerjanya bernotabene dari luar Kalimantan dan cerita ini akan dibawa ke kampung halaman mereka luar pulau Kalimantan tanpa menjelaskan masalah yang sebenarnya.

Disini aku ingin menjelaskan bahwa orang pedalaman Kalimantan adalah orang-orang yang sama seperti masayarakat bahkan mereka sangat menghargai adat istiadat yang malahan didaerah perkotaan adat istiadat sudah mulai berkurang, mereka hanya ingin memperjuangkan hak mereka, mereka hanya ingin menegakkan adat mereka dan mereka juga ingin hidup tentram di tempat mereka dan mereka marah karena mereka merasa terusik. Saat ini masyarakat Kalimantan hanya butuh perhatian dan edukasi agar mereka bisa memperjuangkan hak mereka sesuai ketentuan dinegara ini tanpa melupakan adat istiadat mereka. Masyarakat kalimantan juga butuh sarana pendidikan yang lebih baik, jaringan komunikasi yang memadai agar mereka dapat lebih mudah mendapat informasi dari luar dan perhatian dari perintah dan lembaga-lembaga yang terkait seperti lembaga pendidikan, lembaga kemasyarakatan, pertanian dan hukum.

Jadi jika ada yang mengatakan pedalaman Kalimantan itu menakutkan dan kejam itu adalah omong kosong yang tidak berdasar, karena mereka adalah orang-orang yang sama dengan masyarakat didaerah lain malahan mereka masih sangat menghargai adat istiadat, namun mereka akan sangat marah ketika mereka merasa terusik, sama seperti aku dan pasti kalian juga akan sangat marah jika diusik.

0 Response to "Mengapa Orang Kalimantan Begitu Menakutkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2