Hoax Orang Tentang Orang Kalimantan

Wajah serem pulau Kalimantan dimata kami orang-orang  yang tinggal di Sumatera, Jawa dan daerah-daerah lain sudah umum didengar. Dan hal ini lah yang membuat banyak orang-orang yang takut ketika ingin merantau ke Kalimantan apa lagi daerah pedalaman Kalimantan yang banyak cerita seremnya. Mulai dari kerasnya suku pedalaman Kalimantan atau pun hal mistik yang menyatakan ketika seorang laki-laki tidak akan bisa pulang ketika menikah dengang wanita yang berasal dari pedalaman Kalimantan.
Sama seperti orang-orang lain diluar sana yang percaya dengan cerita tentang seremya pulau Kalimantan aku pun percaya dengan cerita itu dan merasa sedikit takut untuk merantau ke Kalimantan. Namun setelah aku sampai di Kalimantan dan tinggal di Pedalaman Kalimantan pikiran dan anggapan yang selama ini aku percayai ternyata jauh dari yang sebenarnya aku alami selama tinggal di Pedalaman Kalimantan. Meskipun terbatas dalam segi sarana dan prasarana, dan berada jauh dari perkotaan, masyarakat di Kalimantan tidaklah primitip, dan kehidupan mereka juga sama seperti masyarakat yang tinggal di pinggiran perkotaan.

Untuk masalah pendidikan meski terdapat kekurangan di beberapa hal terutama fasiltas pendidikan yang masih belum bisa di setarakan dengan pendidikan di sekolah-sekolah yang berada kota, atau pinggiran perkotaan, namun masyarakatnya pada umumnya berpendidikan SMA dan banyak yang sarjana juga, jadi ya gak jauh beda kok dengan kampung asalku, banyak yang setelah lulus SMA menlajutkan pendidikan ke Ibu kota Provinsi atau malahan banyak juga yang Kuliah hingga keluar pulau seperti ke Jawa jadi ya sama saja dengan masyarakat di daerah lain.

Untuk kehidupan bermasyarakat juga mereka sangat baik dan sangat bersahabat baik dari suku Melayu ataupun yang biasa di takuti orang yaitu suku Dayak, ya Suku Melayu dan Dayak Kalimantan ini sama sekali tak tergambarkan dalam cerita yang selama ini aku dengar, Karena setelah aku bertemu dan mengenal mereka, mereka sama denga masyarakat lain yang bersosial dan bergaul sesama orang. Sama sekali tidak ada gambaran serem ketika aku mengenal mereka, mereka juga menerima pendatang dengan baik dan bersosial dengan sangat baik dan tentunya sangat bersahabat.
Ketika aku berada di Kalimantan aku merasa memiliki keluarga baru yang ada disebrang pulau, meski saat ini aku sudah kembali ke Sumatera tapi takkan aku lupakan semua kesan baik buat saudara-saudara dan sahabat ku yang ada di Kalimantan.

2 Responses to "Hoax Orang Tentang Orang Kalimantan"

  1. Replies
    1. Oh ia mas kebetulan saya juga kemaren tinggalnya di pedalaman kalimantan, tdak ada signal dan listrik

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2